KKN STAISA 2024

Categories:

PEMBEKALAN KULIAH KERJA NYATA

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SHALAHUDDIN AL AYYUBI

JAKARTA UTARA

Jakarta Utara, 09 Juni 2024 - Sekolah Tinggi Agama Islam Shalahuddin al Ayyubi mengadakan acara pembekalan bagi mahasiswa yang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN). Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester 6 angkatan 2021 yang akan mengikuti program KKN di berbagai daerah.

Pembekalan dilaksanakan di aula lantai 3 PT. SAMUDRA SEJAHTERA SENTOSA, dimulai pukul 08.30 WIB. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang tujuan, tata cara pelaksanaan, serta tanggung jawab yang harus diemban selama menjalani KKN. Dikarenakan tempat nya tidak dapat bisa menampung semua peserta pembekalan KKN ini sehingga di bagi ke dalam 2 sesi.

Pembukaan acara di buka oleh saudari Silviana dan Najla selaku MC di kegiatan ini, kemudian di lanjutkan dengan pembacaan ayat suci al Quran oleh ustadz Imron salahsatu mahasiswa semester 4. Setelah itu para peserta menyanyikan lagu Indoneia Raya dan Mars STAISA di pandu oleh Paduan suara STAISA.

Setelah pembukaan selesai di lanjutkan penyampain laporan kegiatan KKN oleh Drs. H. Rosyid, MM selaku ketua penyelenggara kegiatan KKN TA 2023-2024. Setelah itu pembacaan doa yang di pimpin oleh ustad Masdari salah satu dari peserta pembekalan KKN.

            Sebelum kegatan KKN ini di resmikan ada beberapa nasihat dari Ketua STAISA Jakarta Drs.H. Eno Syafrudien, M.Si “semoga KKN ini berjalan dengan lancar sebagaimana motto sekolah tinggi ini adalah berilmu amaliyah dan beramal ilmiyah, jadi KKN ini untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan menjadi amal nyata dengan prinsip agar mahasiswa bisa berkembang dan lebih bermanfaat di masyarakat disertai dengan kebaktian cinta kasih kepada masyarakat”

“jadi KKN ini sekaligus kita akan belajar 4 pilar pendidikan, yaitu: belajar untuk mengetahui, belajar untuk mengajarkan, belajar untuk hidup bermasyarakat dan belajar untuk diri anda sendiri.” Itulah beberapa pesan yang disampaikan oleh Ketua STAISA untuk para peserta KKN, setelah itu kegiatan KKN dibuka oleh beliau dengan simbolis pengetukan palu sebanyak 3x.

            Setelah pembukaan kegiatan KKN di lanjutkan dengan pengarahan dari Dr.Hj.Siti Ma'rifah, MM,MH selaku Ketua Senat STAISA Jakarta. Beliau berpesan: “untuk bisa memahami bagaimana pola komunikasi, bagaimana melaksanakan hal-hal yang berkaitan pengembangan kemasyarakatan agar begitu selesai bisa langsung in life dengan pa yang dibutuhkan oleh masyarakat, ini penting nya pelaksanaan KKN.“

Dalam pesan terakhir nya Ketua Senat STAISA menyampaikan: “Bagaimana menyiapkan para mahasiswa ini dapat mengembangkan ilmunya di masyarakat, maka harus bisa menerapkan konsep ABCD. Accept, Based, Community, Driver development.”

Setelah sambutan dari Ketua STAISA dan Ketua Senat STAISA di lanjutkan dengan penjelasan teknis pelaksanaan KKN, yang di awali dengan penjabaran terkait Studi kelayakan, penyusunan rencana program kerja, pelaksanaan di Lokasi dan jenis-jenis KKN oleh Dr. H. Asep Habib AA, MA. M.Si. MM selaku Wakil ketua I STAISA. Setelah itu penjelasan pembiayaan, fasilitas dan perlengkapan KKN oleh Wakil ketua II STAISA Bapak Drs.H.Rusdin, M.Si. Sesi ini di akhiri dengan penjelasan teknis pembimbingan/pendampingan KKN dan laporan hasil serta penilaian hasil KKN yang akan di jelaskan oleh Wakil ketua III STAISA Bapak Drs.H.Zaenal Arifin, M.Pd.I

Sebelum sesi pertama di akhiri adanya penyerahan perangkat KKN secara simbolik kepada perwakilan ketua kelompok dan pembimbing oleh Ketua STAISA dan Ketua Senat STAISA. Setelah itu para peserta sesi pertama meninggalkan ruang acara bergantian dengan peserta sesi kedua. Setelah sesi kedua berakhir acara kegiatan pembekalan KKN ini di tutup dengan ramah Tamah.

Dengan suasana yang penuh semangat dan antusiasme, acara pembekalan KKN di Sekolah Tinggi [Nama Sekolah Tinggi] berjalan sukses dan memberikan motivasi tambahan bagi mahasiswa.

Sekolah Tinggi Agama Islam Shalahuddin al Ayyubi, 09 Juni 2024