Category

Jurnal #002 Ir. Arifin

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam

Meningkatkan  Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa

Oleh : Ir. Arifin, M.Si

Dosen STAI, Shalahuddin Al Ayyubi Jakarta, Indonesia

Arifin_zhity@yahoo.com

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran  agama Islam dalam meningkatkan kecerdasa spiritual (SQ) siswa. Pendidikan merupakan aktifitas rutin yang dilakukan oleh seseorang secara sadar menuju proses pendewasaan. Pendidikan juga memiliki kontribusi penting di dalam mencerdaskan anak bangsa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam islam, pendidikan adalah bentuk sarana menuju kearah perbaikan akhlak seseorang. Oleh karena itu, misi utama dalam pendidikan bukan hanya prestasi yang harus dicapai oleh siswa, akan tetapi ada hal lain yang lebih penting yaitu, kecerdasan spiritual (SQ), karena faktor inilah yang akan menopang faktor kecerdasan  intelegensi (IQ), dan kecerdasan emosional. Agar pelaksanaan pendidikan dapat terealisasi degan baik dalam kegiatan belajar mengajarnya, maka seorang guru paling tidak memiliki strategi yang dapat diterima dengan baik oleh siswa, sehingga kecerdasan spiritual bisa dikembangkan potensinya. Adpaun salah beberapa strategi yang dapat dilakukan melalui akidah yaitu : Menanamkan rasa cinta kepada Allah SWT, Membimbing siswa menemukan makna hidup, Aktualisasi indera yang dibimbing oleh nurani, Mengenali hikmah kejadian dengan memperdalam ilmu agama, mengajak siswa ta’lim, menceritakan tokoh agama yang karismatik, berekreasi dengan siswa. Sedangkan strategi yang melalui akhlak yaitu: Menjadi penggembala spiritual, melibatkan siswa pada kegiatan sosial, keteladanan, pembiasaan, memberikan teguran, penghargaan, dan mengenalkan dua sisi kehidupan. Strategi tersebut bisa terwujud dengan baik apabila semua komponen kep. Sekolah, guru, orang tua dan tokoh masyarakat saling bekerja sama secara sinergis.

Kata kunci : Strategi; Pendidikan Agama Islam ; dan Kecerdasan Spiritual.

Abstract

This study aims to determine the Islamic religious learning strategy in increasing students’ spiritual intelligence (SQ). Education is a routine activity carried out by a person consciously towards the maturation process. Education also has an important contribution in educating the nation’s children in an effort to improve the welfare of society. In Islam, education is a form of means leading to the improvement of one’s morals. Therefore, the main mission in education is not only achievement that must be achieved by students, but there are other things that are more important, namely, spiritual intelligence (SQ), because this factor will support the intelligence factor (IQ), and emotional intelligence. So that the implementation of education can be realized properly in teaching and learning activities, a teacher must at least have a strategy that is well accepted by students, so that spiritual intelligence can be developed to its potential. There are several strategies that can be done through faith, namely: Instilling a sense of love for Allah SWT, Guiding students to find the meaning of life, Actualization of senses guided by conscience, Recognizing the wisdom of events by deepening religious knowledge, inviting students to study, telling charismatic religious figures , having fun with students. While the strategies through morality are: Becoming a spiritual shepherd, involving students in social activities, exemplary, habituation, giving reprimand, appreciation, and introducing the two sides of life. This strategy can be realized properly if all components are kept. Schools, teachers, parents and community leaders work together synergistically.

Keywords: Strategy; Islamic education ; and Spiritual Intelligence