Jurnal #003 Ir. Arifin

Categories:

TANTANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19

Oleh : Arifin

Abstrak:

Saat pandemi Covid-19 yang melanda diseluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia menyebabkan adanya perubahan-perubahan besar hampir diseluruh aspek kehidupan salah satunya pada sistem pendidikan baik di jenjang Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Menengah, dan yang lainnya. Ini dikarenakan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara konvensional berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau dilakukan secara daring, yang pelaksanaannya tidak dapat terlepas dari pemanfaatan teknologi informasi. Journal ini bertujuan untuk mengkaji mengenai tantangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama masa pandemi Covid-19. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk membentuk dan menumbuhkan pribadi peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam. Sejalan dengan tujuan tersebut maka dalam praktiknya pembelajaran Pendidikan Agama Islam menekankan pada transmisi nilai dan moralitas agama ke dalam perilaku dan tindakan peserta didik. Bukan hanya menyampaikan pengetahuan agama Islam tetapi juga menumbuhkan perilaku pada peserta didik yang didasari nilai-nilai agama Islam. Namun dengan adanya pandemi virus Covid-19 pembelajaran tatap muka di sekolah tidak dapat dilaksanakan. Kebijakan pemerintah mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring menimbulkan kendala dalam penekanan dan pembiasaan  nilai-nilai  ajaran Islam kedalam perilaku peserta didik.